Di Jaman yang modern ini banyak sekali yang menggunakan jasa desain untuk menarik khalayak. hal ini sangatlah lumrah, sebagai contoh ketika ada produk baru yang mau launching pasti memasang suatu baliho, poster atau media cetak yang lain. Selain desain yang berbentuk fisik ada juga media elektronik atau media online, contohnya membuat video promosi di Internet. Karena sangatlah penting di jaman ini untuk mengenalkan suatu produk dengan baik dan benar. Karena anda membaca artikel pasti belum tahu tentang DKV / DESAIN KOMUNIKASI VISUAL itu. Disini saya akan menjelaskan apa itu DESAIN KOMUNIKASI VISUAL , dan Mengapasih kamu harus memilih jurusan ini.


Apasih itu DESAIN KOMUNIKASI VISUAL ?

Desain Komunikasi Visual adalah  cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Yang menarik dari sini adalah seorang sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif.

Banyak hal-hal mendasar yang dipelajari di program studi DKV. Mengembangkan bentuk bahasa visual (bermain gambar), mengolah pesan (bermain kata) keduanya untuk tujuan sosial maupun komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya. Visual berwujud kreatif dan inovatif, sementara inti pesan harus komunikatif, efisien dan efektif saling mendukung agar tersampaikan dengan baik pada sasaran.

Cakupan pekerjaan desain komunikasi sangat luas, antara lain: mulai dari label produk / makanan, desain logo yang mencitrakan sebuah lembaga / perusahaan (branding), paket promosi dan kampanye sebuah program, hingga membuat iklan di media massa, dsb.

Berbeda dengan seni murni (dalam hal ini seni grafis) yang karya seninya dibuat sebagai ungkapan ekspresi sang seniman, maka karya seni yang dihasilkan oleh seorang desainer komunikasi visual lebih ditekankan dengan konsep yang bermaksud-tujuan dan ditujukan untuk khalayak yang disasar (target audience).